February 27, 2013

Pentingnya Harmonisasi Seni dan Teknologi Untuk Membangun Bangsa


IT Contest - ITS Expo

JHE software : Harmonisasi Seni dan Teknologi Dalam Membangun Kemaritiman Dasar. Teknologi, tidak akan pernah lepas dari keseharian manusia. Hampir semua kegiatan manusia menggunakan jasa teknologi. Sebagai mahasiswa, sudah pasti teknologi paling tidak kita gunakan untuk mengerjakan tugas, belajar, atau bahkan untuk pengembangan dari teknologi itu sendiri. Pengembangan yang saya maksud adalah kita bisa mengaplikasikan dengan maksimal dari teknologi yang kita gunakan. Tidak hanya memakai teknologi tersebut, tapi kita seharusnya berfikir bagaimana teknologi itu ada, dan bagaimana itu dibuat.

Pengembangan teknologi, jika mendengar kata tersebut sebelumnya kita harus tahu alasan mengapa teknologi itu ada. Jawaban sederhana, untuk mempermudah segala kegiatan manusia sebagai penggunanya, kususnya dalam hal efisiensi waktu dan biaya. Untuk itulah mengapa teknologi selalu dikembangkan hingga kini. Tidak hanya itu, lebih luas, teknologi juga diimbangi dengan seni. Perpaduan antara teknologi dan seni inilah yang akan menjadi mahakarya yang luar biasa, Mahakarya Teknologi Bangsa Demi Kemajuan Masa Depan Indonesia. Karena dampaknya selain akan memperindah teknologi juga bisa sebagai pendorong kemajuan teknologi. Mengapa demikian? Disinilah seni berperan, seni adalah pendorong kreativitas dalam pengembangan teknologi. Teknologi tanpa seni tidak akan ada pembaharuan. Dengan seni, teknologi akan memunculkan variasi dan inovasi baru dalam berbagai bidang kehidupan.

Tadi kita sudah membahas peran seni untuk teknologi. Bagaimana dengan peran teknologi terhadap seni? Sebelum pertanyaan tersebut, jawab pertanyaan ini. Apakah Anda tahu tentang masing-masing seni di berbagai daerah Indonesia? Bagaimana Anda bisa tahu? Iya, dengan teknologi. Dengan teknologi, kita bisa tahu seni dari berbagai daerah bahkan dari berbagai negara. Atau lebih sederhana lagi, mungkin hanya dengan teknologi, kita bisa tahu asal usul seni didaerah kita sendiri secara penuh. Garis besarnya teknologi berperan dalam penyebaran seni.

Contoh : Harmonisasi Seni dan Teknologi Dalam Membangun Kemaritiman Dasar. Sebagai mahasiswa, pasti Anda mengenal program. Kita tahu program dihasilkan dari teknologi. Misalkan program C++ yang dapat kita bangun melalui codeblocks / devC++. Pengembangannya, program tersebut dapat dibuat untuk teknologi yang lain (misal robot). Dan robot digunakan untuk mensosialisasikan seni bangsa ke dunia luar.



Selain robot, bisa juga saya mengambil contoh program lain. Misalnya Kamus aksara jawa. Di internet sudah banyak tersebar kamus aksara jawa. Ini juga merupakan salah satu bentuk gabungan seni dan teknologi. Contoh lainnya, postingan saya ini. Artikel saya menggunakan jasa teknologi untuk mempublikasikan. Tanpa teknologi, artikel ini tidak akan bisa Anda baca. Dan tentu saja artikel saya mengandung seni. Tanpa seni, Anda tidak akan betah berlama-lama membaca artikel ini.

Itulah sedikit informasi tentang Harmonisasi Seni dan Teknologi yang saya ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat kususnya untuk kemajuan masa depan Indonesia. Untuk itu, marilah mulai saat ini kita memajukan bangsa ini dengan peran teknologi dan seni. Terimakasih.

Sukseskan ITS EXPO 2013. Semoga harapan diselenggarakannya acara ini dapat mendorong para pemuda kususnya mahasiswa untuk menciptakan mahakarya harmonisasi seni dan teknologi demi kemajuan bangsa.
By: Muhammad Zainudin

2 comments

March 13, 2013 at 9:40 AM

nice article :)

March 13, 2013 at 9:48 AM

@sukague.comthanks for your visit.

Post a Comment